MEMAHAMI ARTI SUKSES

 

080221185438bbs

Sukses adalah pencapaian terbaik dari setiap usaha yang telah kita lakukan. Mengartikan pencapaian terbaik tidaklah sama memperoleh peringkat terbaik, tetapi pencapaian terbaik adalah hasil yang telah kita peroleh dari hasil kerja keras secara maksimal. Suatu contoh seorang yang ikut lomba lari menjadi juara ke-3 bisa disebut telah sukses merebut juara ke-3 apabila dia berjuang sekuat tenaga untuk menjadi juara pertama, walaupun hasilnya juara ke-3. Ini artinya yang juara ke-2 dan pertama tampil lebih baik dari kita dan yang terpenting dari hasil tersebut kita dapat mengukur kekuatan kita sehingga dapat kita pelajari untuk menjadi juara pertama pada pertandingan-pertandingan selanjutnya.

Peringkat terbaik akan kita peroleh dengan mengevaluasi pencapaian-pencapaian terbaik yang telah kita raih. Sir Alex Ferguson manajer Manchester United telah kehilangan beberapa musim mengantarkan klubnya juara liga utama inggris dan hanya menempati runer up di bawah Chelsea, namun di tahun 2007 ini dia dan klubnya tersebut menjadi juara karena menurutnya dia berhasil mengevaluasi kenapa Chelsea begitu dominan di dua musim sebelumnya.

Untuk itu sukses sebagai pencapaian terbaik dapat diperoleh dari kerja keras dari usaha dengan motivasi untuk menjadi peringkat terbaik. Dalam pertandingan sebuah tim yang tampil all out, bekerja sekuat tenaga untuk menjadi Juara maka pertandingan akan lebih menarik untuk disaksikan ketimbang sebuah tim yang telah terdegradasi.

Walaupun dalam pencapaian adalah jauh dari harapan tetapi itu bukan disebabkan kita adalah pecundang, namun dikarenakan mungkin memang disitulah pencapaian terbaik yang harus kita peroleh karena mungkin lawan kita lebih baik dari kita dan memang lawan memang pantas memperolehnya.

Kegagalan adalah bagian jalan menuju kesuksesan

Ketika kita belajar berjalan pasti kita akan merasakan jatuh. Apa jadinya ketika terjatuh membuat kita takut kembali belajar berjalan? Tentu saat ini kita masih belum bisa berjalan.

Begitu pula dalam kehidupan nyata, kegagalan diibaratkan jatuh. Bila ingin sukses teruslah belajar dan mengevaluasi kegagalan bukannya berhenti. Jadikan kekalahan dan kegagalan sebagai bagian jalan menuju kesuksesan.

Dalam bukunya Robert T. Kiyosaki menuliskan “ Pemenang Sejati tahu bahwa kekalahan adalah bagian dari proses untuk menang. Orang-orang kalah dalam hidupnya hanya berpikir pemenang tidak pernah kalah. Orang yang selalu kalah (pecundang) adalah orang yang bermimpi untuk menang dan melakukan semua hal yang mungkin untuk menghindari kesalahan.”

 

Percayalah bahwa Tuhan selalu memberikan yang terbaik

Pondasi utama membangun kesuksesan adalah percaya terhadap takdir Tuhan. Percayalah bahwa Tuhan lewat takdirnya selalu memberikan yang terbaik sesuai dengan usaha kita. Percayalah Tuhan Maha Adil sehingga tidak ada yang luput darinya ketika memberikan sebuah nasib kepada kita.

Ada sebuah kisah tentang seorang kakak yang sukses ketika mengajarkan memahami ini. Dia bertanya, “ Jika kamu dipastikan harus memilih satu buah yang terbaik dari dua buah mangga yang ada. Apa yang kamu lakukan?”

” Aku akan memilih seperti yang telah aku ketahui bahwa memilih mangga yang manis dapat kulihat dari kulitnya, dari bau wanginya, dan kurasakan kekenyalannya.”Jawab sang adik.

“ Jawaban kamu sangat masuk akal. Tetapi apakah kamu akan kecewa jika setelah dikupas rasa mangga itu asam? Dan apa yang akan kamu lakukan terhadap mangga tersebut”.

 “ Tentu saja kecewa kak. Aku menginginkan mangga yang manis. Selanjutnya tentu aku akan membuangnya”

Dengan bijak sang kakak berkata,” Adikku kuberitahu satu hal. Kalo kamu kecewa berarti kamu tidak percaya kepada kemampuanmu. Bukankah kamu juga tidak tahu rasa mangga yang lainnya, mungkin saja lebih asam. Jika kamu membuangnya maka kamu tidak berterima kasih terhadap pemberian Tuhan. Kalau kamu selalu melakukan hal ini ketika telah memilih maka aku yakinkan kamu tidak akan pernah mendapat apa-apa dari setiap usahamu. Yang lebih penting percayalah bahwa Tuhan Maha Adil dan Dia selalu memberikan yang terbaik dari usahamu.”

“ Aku setuju. Tapi bukankah yang aku inginkan mangga yang manis bukan yang asam?”

“ Membuangnya berarti kamu tidak akan mendapat apa-apa dari usahamu. Bukankah kamu bisa menyimpannya beberapa saat hingga manis atau kalau kamu tidak mau menunggu kamu bisa membuat rujak atau manisan mangga.”

Dari perbincangan di atas ada beberapa pelajaran yang diambil. Begitu juga dalam kehidupan kita mempunyai banyak pilihan yang diambil dan kita selalu mengambil sesuai dengan kemampuan dan ilmu yang kita peroleh. Tuhan Maha Adil sehingga memberikan pilihan yang terbaik dari usaha kerja keras kita, namun sayangnya kita kadang tidak sependapat karena kadang kala kita terlalu memikirkan target yang belum kita capai sehingga yang kita pilih tidak bermakna sama sekali.

 

Orang Sukses Belajar Sepanjang Masa

Orang sukses tampak menonjol dari orang lain dikarenakan dia belajar lebih banyak dari orang lain. Hidup adalah lautan ilmu. Di mana saja kita bisa belajar dan memang harus terus belajar hingga akhir hayat.

Apa yang dibutuhkan orang untuk belajar ? Dari banyak jawaban pasti anda menjawab guru. Namun apakah anda belajar hanya dari teori guru anda akan mengerti? Tentu tidak. Dari teori guru tentu kita berlatih, mempraktekannya, dan mencobanya. Kadang kala teori guru belum tentu benar karena guru juga manusia biasa yang sama-sama dari proses belajar juga. Proses belajar menghasilkan pengalaman dan pengalaman inilah yang diajarkan kepada kita.

Belajar berarti bukan hanya dari guru tapi juga bisa dari pengalaman.

Reposted by Un on 1 April 2009

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s